Universitas Gadjah Mada menyediakan fasilitas web hosting untuk dosen, mahasiswa, unit kerja dan unit kegiatan mahasiswa (ukm)
Pendaftaran hosting untuk Mahasiswa
- Pemohon/Pendaftar alamat hosting/domain baru dipersilahkan login di halaman https://web.ugm.ac.id/wp-admin dengan menggunakan email ugm.
- Setelah berhasil login, pemohon/pendaftar diwajibkan mengirim email ke layanantik@ugm.ac.id, dengan SUBJECT: permohonan aktivasi blog
- Pemohon/Pendaftar menunggu proses aktivasi kurang lebih 1x24jam, kemudian dicoba kembali login ke web.ugm.ac.id/wp-login.php untuk memeriksa kesiapan alamat blog yang diajukan sebelumnya.
Pendaftaran hosting untuk Unit Kegiatan Mahasiswa
- Pengurus/Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa membuat surat permohonan hosting yang ditujukan ke Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM.
- Surat permohonan ditandatangani oleh ketua Unit Kegiatan Mahasiswa dan diketahui oleh Wakil Dekan Bidang Akademik (atau wakil dekan yang membawahi UKM di Fakultas), serta dicantumkan alamat email ugm dan nomor HP penanggungjawab email UKM tersebut.
- Surat permohonan bisa dikirimkan melalui email ke layanantik@ugm.ac.id (surat yang sudah discan) atau diantar langsung ke Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM.
- Apabila surat permohonan dinilai sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, maka hosting akan secepatnya dibuatkan oleh petugas pelayanan dan informasi username dan password akan dikirimkan ke kontak email yang dicantumkan dalam surat permohonan. Tetapi jika ada kekurangan, pengurus UKM akan diminta memperbaiki kekurangan yang dimaksud.
Pendaftaran hosting untuk Dosen-Tenaga Kependidikan
- Pemohon/Pendaftar alamat hosting/domain baru dapat mendaftarkan alamat hosting/domain yang dimaksud dengan datang langsung ke DSDI UGM atau mengirimkan email ke dsdi@ugm.ac.id atau mengirimkan permohonan ke http://aspirasi.ugm.ac.id dengan mencantumkan Nomor Identitas Pegawai, email UGM, dan nomor HP. Pendaftaran via email dan http://aspirasi.ugm.ac.id hanya akan dilayani jika pendaftar menggunakan email UGM.
- Permohonan yang dikirim akan diperiksa keabsahan datanya oleh Petugas Layanan. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara;
- Petugas Pelayanan mencocokkan data verifikasi yang diisikan dengan data yang ada di Universitas;
- Bagi pemohon/pendaftar yang statusnya sebagai Pegawai Negeri Sipil, verifikasi dapat dilakukan oleh Petugas Pelayanan dengan mencocokkan data yang ada di HRIS. Bila data sesuai, maka Petugas Pelayanan akan membuatkan alamat hosting yang dimaksud. Bila data tidak sesuai atau tidak ditemukan maka Pemohon/Pendaftar akan dikirimi pemberitahuan untuk melengkapi kekurangan data yang diperlukan;
- Bagi pemohon/pendaftar yang statusnya sebagai tenaga honorer dengan SK dekan/lembaga tetap diwajibkan datang sendiri ke DSDI untuk permintaan hostingnya;
Pendaftaran hosting untuk UNIT KERJA
- Penanggunjawab membuat surat permohonan hosting yang ditujukan ke Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM.
- Surat permohonan ditandatangani oleh ketua/penanggungjawab unit kerja.
- Di dalam surat permohonan harap dicantumkan nama lengkap, nomor hp, email ugm penanggung jawab hosting yang sedang diajukan.
- Surat permohonan bisa dikirimkan melalui email ke layanantik@ugm.ac.id (surat yang sudah discan) atau diantar langsung ke Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM.
- Apabila surat permohonan dinilai sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, maka hosting akan secepatnya dibuatkan oleh petugas pelayanan dan informasi username dan password akan dikirimkan ke kontak email yang dicantumkan dalam surat permohonan. Tetapi jika ada kekurangan, petugas layanan akan mengontak penanggungjawab yang akan merawat hosting tersebut untuk memperbaiki kekurangan yang dimaksud.
Peraturan hosting merupakan peraturan yang harus dilaksanakan oleh pengguna layanan hosting di Universitas Gadjah Mada. Aturan ini dapat mengalami revisi apabila dalam pelaksanaannya atau dalam pengembangan sistem terdapat perubahan. Antara lain berisi tentang Privasi dan Hak Pribadi pengguna, Tanggung jawab atas data, Kewajiban Pengguna, dll.
Tutorial Penggunaan :